Gejala dan Penyebab Susah Air Besar dan Cara Mencegahnya

Gejala dan Penyebab Susah Air Besar dan Cara Mencegahnya – Mengalami sulit buang air besar atau sembelit adalah suatu hal yang sangat tidak menyenangkan. Siapapun yang pernah mengalami sembelit pasti tahu bagaimana ketidak nyamanannya perut saat ini terjadi.

Jika anda mengalami sembelit, tak jarang anda akan merasakan mulas yang hebat pada perut, namun saat anda memutuskan untuk buang air, anda tidak dapat mengeluarkannya.

Jika ini terjadi, anda harus segera mencari solusinya agar tidak berkepanjangan yang nantinya malah berdampak buruk pada kesehatan anda yang lain. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab sembelit yang sering terjadi dan bagaiman cara tepat anda mengatasinya.

Gejala Gejala Sulit buang Air besar

Gejala sulit buang air besar ini dalam bahasa medis dikenal dengan sebagai konstipasi. Normalnya orang dewasa harus buang air besar setiap harinya sebanyak 1-2 kali dalam sehari dengan feses yang dikeluarkan lunak, sehingga mudah dikeluarkan.

Anda dapat mendeteksi diri anda mengalami sembelit dengan melihat gejala yang terjadi pada diri anda selama kurun waktu 3 bulan. Gejala yang sering diperlihatkan, yaitu fases yang anda keluarkan terasa lebih keras 25% dibanding sebelumnya.

BACA JUGA :  6 Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu : Obat Asam Urat

Kemudian anda merasa membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan buang air besar, buang air besar yang dilakukan 1-2 kali jarang anda lakukan dan mengejan lebih kuat 25% dari sebelumnya. Jika semua gejala ini anda rasakan, maka dapat dipastikan anda mengalami sembelit.

Apa Penyebab Utama Sakit Sembelit?

Penyebab dari sulit buang air besar sebenarnya ada banyak, mulai dari asupan makanan yang anda konsumsi setiap hari hingga pola hidup kurang sehat yang anda jalani. Jika anda dapat mengetahui penyebabnya, maka anda dapat menyembuhkan sembelit yang menyerang anda.

Susah buang besar Dikarenakan Kurang Serat

Penyebab utama yang sering kita tahu adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Serat memang memegang peranan penting dalam kelancaran pencernaan. Jika anda kekurangan serat, maka feses yang anda keluarkan menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan.

Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat Penyebab sembelit

Berlebihan konsumsi makanan tertentu yang kurang akan serat dan banyak kafein seperti makanan instan, gorengan, produk susu, daging merah, kopi dan susu juga dapat mengakibatkan sembelit bahkan penyakit yang lain.

Susah Buang Air besar Karena Kurang Minum Air Putih

Selain serat, tubuh kita juga memerluka air untuk melancarkan sistem pencernaan. Anda memerlukan konsumsi mineral sebanyak 8-10 gelas dalam sehari agar anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar.

Stress Juga Penyebab Utama Sakit Sembelit

Suasana hati ternyata bisa juga mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan sulit buang air besar. Jika seseorang mengalami stress dan depresi, sistem syaraf enteric, syaraf yang berkontribusi untuk sistem pencernaan akan menjadi kacau dan mengakibatkan anda mengalami sembelit.

Kurang tidur Menyebabkan Susah Buang Air Besar

Kurang tidur juga dapat mempengaruhi suasana hati dan pikiran menjadi tidak baik dan dapat mengakibatkan sembelit.

BACA JUGA :  7 Khasiat & Manfaat Buah Naga : Obat Sakit Sariawan Dan Tenggorokan

Olahraga Yang Berlebihan Menyebabkan Sembelit

Olahraga yang sesuai porsi memang baik untuk tubuh, namun jika sudah berlebih maka tubuh anda akan memaksa diri untuk bekerja terlalu berat yang berujung pada usus yang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal dan mengakibatkan sembelit.

Cara Mencegah Susah Buang Air besar

Lalu bagaimana cara mencegah sembelit ini? Agar kita tidak mengalami susah buang air besar maka sebaiknya biasakan hidup sehat seperti:

  • Hal pertama yang dilakukan adalah perbanyaklah asupan serat yang adan konsumsi setiap harinya. Serat dapat anda peroleh dari konsumsi banyak buah dan sayur. Dengan anda mengkonsumsi banyak serat akan mengakibatkan  feses menjadi lebih lunak dan mudah untuk dibuang.
  • Konsumsi air secara teratur 8-10 gelas dapat juga menghindari anda dari sembelit.
  • Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur namun tidak berlebih. Jika anda berlebih melakukan olahraga, anda malah akan mengalami sembelit.
  • Selain itu,untuk mengatasi sembelit, gunakanlah bahan-bahan alami seperti minyak zaitun yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis atau menggunakan gel lidah buaya yang dicampur dengan jus lemon dari pada menggunakan obat-obatan kimia.

 

Catatan Terbaru Lainnya:

mencegah-sembelit-compressor